KUMPULAN PUISI DENGAN TEMA SUMBER DAYA ALAM (SDA)

Kumpulan puisi karya kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah, dengan tema Sumber Daya Alam
Materi PUISI, TEMA 6, PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 (KURTILAS)

NO
NAMA
JUDUL
PUISI
1
SATRIYA TEGUH WIDODO

HEWAN
Aku ingin menjaganya dengan penuh hati
Dan aku ingin merawatnya dengan kasih sayang
Sungguh senang aku memeliharanya
Dan sungguh senang aku mempunyainya
2
SAKTIAWAN RANGGA SAPUTRA

HUTAN
Hutan itu sangat penting bagi masyarakat
Huta itu bisa menjegah air hujan
Kita harus merawat hutan
Kita tidak boleh menebang pohon secara liar
3
AURA NUR DWIANI
AIR
siapa
4
ADHI WALUYO
ANGIN
Angin, engkau bagaikan kertas yang melayang
Kau bagaikan udara yang sejuk
Kau bisa menyejukan bangsa Indonesia
Aku bersyukur bisa menghirup udara yang sejuk
5
ADELIA NURIATUL  A
TUMBUHAN
Tumbuhan
Kau berikan kesejukan
Kau berikan oksigen
Untuk kita bernafas
Tumbuhan
Semua ini karena Tuhan
Yang memberikan kehidupan
Terimakasih tumbuhan
6
DWI WAHYU NUR FITRI
HUTAN
Hutanmu yang indah
Hamparan daun hijau yang luas
Tempat burung berkicau merdu
Itulah hutanku, Indonesia
7
FADLURRAHMAN AL HAKIM
ANGIN
Angin, kau bertiup sepoi-sepoi
Melewati pepohonan hijau
Betapa segarnya nikmat ini
Semua tersenyum untukmu
Angin, kau hiasi hariku
Kesedihan menjadi hilang
Seakan pergi bersamamu
Terimakasih angin, terimakasih Tuhan
8
SATRIA TEGUH WIDODO
HEWAN
Inginku menjaganya dengan penuh hati
Akanku rawat dengan kasih sayang
Sungguh senang aku memeliharanya
Sungguh senang aku mempunyainya
9
HENING DWI UKIR INDAH
AIR
Air,
Warnamu begitu jernih
Warnamu begitu indah dipandang mata
Engkau bagaikan embun dipagi hari
Air,
Engkau sedingin salju
Engkau menyejukan hati
Engkau menirami kalbuku
10
ILHAM ENDAR PRASETYO
ANGIN
Angin, engkau bukti kehidupan
Engkau penyejuk alam
Semua makhluk sangat membutuhkan
Angin, engkau adalah rahmat dari Tuhan
11
MIQDAD NASRUL HAQ
TANAH
Aku ini tanah
Tuhan menciptakan ku untuk berpijak
Aku ini tanah
Yang selamanya di bawah
12
AZZAHRA ANNISA RAHAYU
AIR
Air,
Kau adalah sumber kehidupan
Tanpamu kami tidak bisa hidup
Kau dibutuhkan semua makhluk
Kau mengalir sepanjang masa
Air,
Kau sungguh berarti bagi kami
Tanpamu kami kehausan
Tanpamu kami bisa mati
Karena kau adalah kebutuhan utama kami
13
AMELIA DIAH PALUPI
AIR
Keberadaanmu menyegarkan
Keberadaanmu menyejukan
Kau sumber kehidupan
Semua makhluk membutuhkan
Kau menyuburkan tanaman
Sumber minum hewan dan tumbuhan
Jagalah kebersihannya
Jagalah keberadaannya
14
RAFIFAH KURNIA R
HEWAN
Pagi hari telah datang
Suaramu sangat nyaring
Oh dirimu sangat lucu
Ayam jantanku sangat hebat
15
SELI DEA HIDAYAH
TANAH
Begitu banyak sumber daya alam Yang dihasilkan dari tanah
Bercocok tanam sampai kita mendirikan tempat tinggal
Maka dari itulah kita wajib menjaganya, dari penebangan hutan yang mengakibatkan tanah kita longsor
Jagalah bumi kita atau tanah ini agar terhindar dari bencana



Komentar